Saturday, January 30, 2010

IP Kamera adalah kombinasi kamera dan komputer yang menangkap dan mengirim video langsung melalui jaringan IP. Proses ini memungkinkan pengguna untuk melihat dan mengelola dengan salah satu browser atau perangkat lunak aplikasi manajemen video yang mampu berjalan pada setiap komputer lokal atau jaringan.
Beberapa keuntungan dari IP Camera yaitu kamera IP dapat bekerja meski tidak terhubung ke komputer, tetapi harus terhubung ke switch agar dapat terhubung ke internet. Jika telah terkoneksi ke internet dan akan memiliki alamat IP sendiri, maka dapat diakses via situs web. Selain itu, kamera IP dapat diletakkan di tempat-tempat yang tidak terjangkau seperti umumnya kabel USB pada web camera, karena kamera IP menggunakan kabel LAN dengan konektor RG-45 sehingga lebih mudah d implementasikan dalam jaringan.
Perkembangan kamera IP memungkinkan pengembagan aplikasi untuk survielence ruangan saat ini, fungsinya juga dapat digunakan untuk yang lain, misalnya monitoring aktivtas mahasiswa, karyawan dsb.

No comments: