Wednesday, October 22, 2008

Anti Virus Gadungan


Jika anda menanyakan, virus apa yang merajai dunia dan Indonesia pada paruh tahun ke dua 2008. Jangan terkejut jika jawabannya adalah kuda hitam Antivirus Gadungan yang banyak disebut dengan istilah Rogue Scanner, Advance Antivirus atau Scamware. Jika anda bingung apa yang Vaksincom bicarakan, bahasa yang lebih membumi dan membuat pengguna komputer sadar adalah Antivirus XP 2008, Antivirus XP 2009, IE Defender, Internet Antivirus, SpyHeal, SpySheriff yang kalau diteruskan daftarnya akan cukup membuat pegal baik mengetik maupun membacanya.

Jumlah Antivirus Gadungan saat ini yang terdeteksi adalah 304 antivirus gadungan. Data yang dikumpulkan statistik virus Vaksincom didukung data statistik Norman Network Protector (NNP) yang di instal di beberapa ISP mengkonfirmasikan hal ini. Dapat dipastikan ribuan komputer di Indonesia yang terkoneksi ke internet terinfeksi virus ini dan celakanya virus ini memiliki genetik Spyware dan memiliki kemampuan mengupdate dirinya sendiri, sehingga untuk membersihkannya membutuhkan perjuangan berat dan beberapa user yang kesal memilih jurus Pasopati (format :P).

Antivirus Gadungan ini memiliki banyak cara menyebarkan dirinya, menurut pengamatan Vaksincom metode ini selalu diperbaharui setiap kali ditemukan cara efektif mengatasinya. Adapun metode yang umum digunakan adalah sebagai berikut :

  • Mengeksploitasi celah keamanan (Java Script) browser waktu mengunjungi website tertentu sehingga akan terinstal secara otomatis dan menampilkan peringatan palsu.

  • Menawarkan scan malware gratis atau tune up sistem komputer gratis.

  • Email, dalam hal eksploitasi email pembuat virus ini cukup kreatif.

1 comment:

Bambang Elik said...

Tolong update dunks blognya..
Thanks..
Wassalam..